Halaman

Jumat, 17 Desember 2010

soal dan Jawaban KepSel

1. Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan di pengaruhi faktor luar, contoh cahaya. Bagaimana cahaya dapat berpengaruh pada tanaman? dan mengapa tumbuhan yang hidup pada tempat bercahaya pertumbuhan lebih cepat?

jawaban
Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk dapat melakukan fotosintesis (khususnya tumbuhan hijau). Jika suatu tanaman kekurangan cahaya matahari, maka tanaman itu bisa tampak pucat dan warna tanaman itu kekuning-kuningan (etiolasi). Pada kecambah, justru sinar mentari dapat menghambat proses pertumbuhan.
http://organisasi.org/faktor-yang-mempengaruhi-perkembangan-dan-pertumbuhan-tumbuhan-tanaman-teori-biologi

2. Jelaskan mengenai glikolisis, siklus krebs dan transport elektron!

jawaban
Katabolisme sel merupakan proses merombak molekul kompleks menjadi molekul yang lebih guna mendapatkan energi. Salah satu katabolisme utama adalah pemecahan molekul glukosa yang kita kenal dengan istilah glikolisis.
Proses glikolisis dilanjutkan dengan siklus asam sitrat/daur krebs yang didahului oleh dekarboksilasi oksidatif. Setelah itu dilanjutkan dengan transpor elektron.
Perbedaan dari keempat rangkaian kompleks itu dapat dilihat secara sederhana melalui substrat, produk dan tempat terjadinya reaksi.
1)Glikolisis substratnya adalah 1 molekul glukosa (yang memiliki 6 atom Carbon) dengan bantuan berbagai macam enzim menghasilkan produk berupa 2 molekul asam piruvat(yang memiliki 2 molekul asam piruvat) serta 2 molekul ATP dan 2 molekul NADH. Terjadi di sitoplasma
2)Dekarboksilasi oksidatif atau reaksi antara mengubah produk berupa2 molekul asam piruvat(3 atom Carbon) menghasilkan 2 molekul Asetil Koenzim A (yang memiliki 2 atom Carbon) serta 2 molekul ATP dan 2 molekul NADH. Terjadi sitoplasma
3) Daur Krebs produknya adalah hasil dekarboksilasi oksidatif yaitu 2 molekul Asetil Koenzim dan menghasilkan produk berupa 2 molekul GTP, 2 molekul FAD dan 6 molekul NADH. Terjadi di mitokondria
4) Transpor elektron merupakan proses yang menghasilkan energi tertinggi. Transpor elektron menggunakan Oksigen sebagai akseptor Hidrogen sehingga nantinya akan menghasilkan hasil sampingan berupa air. Produknya adalah NADH dan FADH yang dihasilkan di proses sebelumnya akan menghasilkan 32 ATP. Terjadi di mitokondria.
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080725182230AAMR3zQ

sorry langsung 5
5. Bagaimana teori evolusi Darwin dan teori evolusi lanmarck ?

jawaban
Pilih Teori Evolusi Darwin atau Lamarck?
Pilih Teori Evolusi Darwin atau Lamarck?
Tentang jawaban "Mengapa jerapah berleher panjang?"

Menurut Lamarck:
Dahulu kompetisi untuk memperoleh makanan sangat tinggi, dan jerapah harus mengambil daun di dahan2 yang tinggi. Sehingga untuk dapat memperoleh makanannya tersebut, jerapah memanjangkan lehernya. Lambat laun, secara berangsur-angsur ruas tulang leher jerapah meregang dan menjadi panjang (setelah evolusi beberapa generasi) dan diwariskan kepada keturunannya berikutnya hingga sekarang.

Menurut Darwin:
Dahulu ada 2 jenis jerapah, yaitu jerapah leher pendek dan jerapah leher panjang.
Karena kompetisi mencari makanan sangat tinggi, jerapah harus mengambil daun di dahan yang tinggi. Jerapah leher pendek tidak dapat memperoleh makanannya, sehingga jenis jerapah ini banyak yang mati.
Hal ini berlangsung terus menerus menyebabkan jerapah leher pendek punah dan yang hanya tersisa jerapah leher panjang hingga sekarang.
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100506055616AAVwHD2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar